Taman Hutan Raya R. Suryo

Jumat, 18 Mei 2012

http://i1168.photobucket.com/albums/r493/DyonAsyikin/Cangar/Cangar6.jpg

Wana Wisata Tahura (Tanaman Hutan Raya) R. Soerjo terletak di pertemuan lereng Gunung Welirang dan Anjasmoro. Secara administratif termasuk wilayah Desa Sendi, kecamatan Pacet. Lokasinya sekitar 3 kilometer dari pusat kota Pacet melalui jalur Pacet-Cangar.

Di sekitar kawasan Tahura terdapat obyek wisata air terjun dan Gua Lowo yang menambah pesona keindahannya. Tempat ini biasanya digunakan sebagai transit dan mendinginkan mesin kendaraan bermotor bagi pengunjung yang hendak bepergian ke jurusan Mojokerto Malang via Cangar, Batu.


Di sekitar lokasi banyak terdapat warung-warung lesehan sebagai pelengkap melepas lelah yang letaknya tepat diatas aliran sungai dan air terjun. Juga terdapat sarana musholla, toilet dan lahan parkir yang cukup luas. (http://wisatamojokerto.indonesiatravel.biz/wisata/tahura-tanaman-hutan-raya/)
Tipe Ekosistemnya Kawasan Hutan Raya R. Suryo mempunyai tipe ekosistem Hutan Cemara, Hutan-Hutan Pegunungan dan Padang Rumput.



Lihat Gambar:
Jenis Flora yang terdapat dikawasan ini beraneka ragam, diantaranya Cemara ( Casuarina junghuhniana ) yang membentuk tegakan homogen dengan tumbuhan bahwa berupa rumput dan semak belukar, Pasang ( Quercus Sp ), Nyampuh, Sumbung dan Gempur Gunung. Pada tegakan hutan yang homogen terdapat tumbuhan Manisrejo dan tumbuhan bawah padi-padian.

Keunika/Kekhasan Sumber air panas Cangar dengan airnya yang jernih, tidak belerang serta mempunyai debit air yang cukup besar, merupakan salah satu keunikan Taman Hutan Raya R. Suryo. Sumber air panas ini mempunyai suhu 30% C, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mandi, bahkan ada kepercayaan dapat menyembuhkan penyakit dan awet muda.

Jenis Fauna yang terdapat dikawasan ini cukup banyak diantaranya: Rusa ( Cervus timorensis ), Kijang ( Muntiacus muntjak ), Babi hutan ( Sus Sp ), Kera ekor panjang ( Macaca fascicularis ), Lutung ( Presbytis eristata ) dan lain-lain. Melihat air terjun diantaranya, air terjun Watu Ondo dengan ketinggian ±  69 meter, disekitarnya terdapat hutan alam yang masih asli ± 2 km dari sumber air panas serta fenomena alam G. Gajahmungkur 500 meter setelah memasuki Gapuro dari arah Mojokerto.
SHARE TWEET

0 komentar:

 

My Twitter